7 Cara Menyembuhkan Sariawan, Cepat dan Alami

Cara Menyembuhkan SariawanCara Menyembuhkan Sariawan – Sariawan. Siapa yang tidak pernah merasakan penyakit yang satu ini. Saya rasa hampir sebagian besar orang dan termasuk Anda pernah mengalaminya. Dan ini adalah penyakit yang tidak terlalu parah namun sering kali mengganggu aktivitas kita.

Apa itu Sariawan?

Sariawan (stomatitis aftosa) adalah suatu penyakit atau kelainan pada selaput lendir mulut yang berupa luka berbentuk bercak berwarna putih dengan permukaan yang agak cekung.

Salah satu penyebab utama dari munculnya sariawan ini adalah karena menurunnya daya tahan tubuh, beban pikiran atau stress, dan akibat konsumsi makanan tertentu.

Saat ini, sudah banyak beredar obat penyembuh sariawan di pasaran. Namun tidak ada salahnya Anda mencoba beberapa obat herbal atau tradisional berikut ini. Selain cepat dan alami, bahan atau tumbuhan berikut ini juga murah dan cukup mudah kita temui di sekeliling kita. Karena alami, obat herbal berikut juga mampu menjaga dan meningkatkan kesehatan Anda.

Berikut ini saya berikan cara-cara menyembuhkan sariawan yang cepat dan alami.

7 Cara Menyembuhkan Sariawan

1.  Madu

Madu sudah sejak lama terbukti dan dipercaya mampu mengobati berbagai penyakit dan menjaga kesehatan. Kandungan di dalam madu mampu merangsang regenerasi jaringan untuk penyembuhan luka. Oleh karena itu, madu menjadi salah satu obat penyembuh sariawan yang paling baik.

Cara penggunaannya, cukup Anda oleskan madu murni pada area luka sariawan. Selain dioleskan, Anda juga bisa meminum madu ini dengan takaran 2 sendok makan 3 kali sehari.

2.  Air Kelapa

Salah satu penyebab munculnya sariawan adalah adanya gangguan pada pencernaan. Dengan meminum air kelapa ini, mampu memberi efek menenangkan dan mendinginkan pada sistem pencernaan Anda. Serta mampu mengeluarkan racun pada tubuh.

Selain itu, air kelapa juga bisa digunakan untuk berkumur. Gunanya untuk membunuh bakteri dan kuman yang berada di sekitar mulut. Juga mampu menghidupkan kembali flora baik di dalam mulut guna mencegah timbulnya sariawan.

3.  Berkumur dengan air garam

Mungkin Anda sudah sering mendengar bahwa berkumur dengan air garam dapat menyembuhkan sariawan. Berkumur dengan air garam ini mampu menarik cairan luka sariawan. Hal ini guna mempercepat proses penyembuhan sariawan.

Caranya, cukup campurkan 3 sendok garam ke dalam air hangat. Kumur-kumur selama 1-2 menit untuk mendapatkan khasiatnya yang maksimal. Lakukan ini secara rutin 3 kali sehari.

4.  Daun Kemangi dan Kunyit

Kunyit dipercaya dapat menyembuhkan sariawan. Caranya, sediakan kunyit berukuran 1 ruas jari, kupas, dan cuci sampai bersih. Lalu parut hingga halus. Setelah itu tambahkan 1 sendok teh Gliserin. Terakhir oleskan langsung pada area luka sariawan Anda.

Selain itu bisa juga dengan menggunakan daun kemangi. Daun kemangi ini mampu mengurangi rasa nyeri yang diakibatkan sariawan. Caranya, Anda ambil 4-5 lembar daun kemangi dan cuci hingga bersih. Kemudian kunyah dan diamkan sejenak di dalam mulut. Lalu kumur-kumur dengan air putih.

5.  Tomat

Kandungan vitamin C yang tinggi pada tomat, mampu menyembuhkan sariawan. Ada beberapa cara untuk memakainya. Anda bisa langsung menempelkan tomat yang sudah diiris tipis pada area yang terkena sariawan. Atau jika Anda tidak kuat menahan perih, tomat tersebut bisa Anda buat jus.

6.  Jambu Air dan Jambu Biji

Cara menyembuhkan sariawan dengan jambu air cukup mudah. Pertama Anda ambil beberapa lembar kulit batang pada jambu air yang masih muda, lalu cuci dan tumbuk hingga halus. Kemudian tuangkan ½ gelas air matang. Selanjutnya Anda saring dan pakai air hasil saringannya tersebut untuk berkumur.

Jika di tempat Anda tidak ada jambu air, ada alternatif lain yaitu menggunakan daun jambu biji. Caranya ambil beberapa daun jambu biji, lalu Anda kunyah. Setelah itu berkumurlah.

7.  Daun Sirih

Daun sirih dipercaya dapat menghilangkan bakteri dan kuman yang menjadi penyebab sariawan. Serta bisa mencegah bau mulut akibat sariawan. Cara pemakaiannya,  Anda cuci dan rebus beberapa lembar daun sirih, kemudian saring dan Anda tambahkan sedikit garam. Gunakan sebagai obat kumur setelah Anda menyikat gigi.

Selain untuk berkumur, ada cara yang lebih simple. Anda ambil satu lembar daun sirih yang sudah tua. Kemudian cuci hingga bersih. Tumbuk hingga halus dan tempelkan pada area luka sariawan. Atau bisa juga langsung Anda kunyah.

Demikian 7 Cara Menyembuhkan Sariawan yang semoga bermanfaat dan membantu Anda yang sedang menderita sariawan.

 

Leave a Reply

© 2017 irvanyale.com. All rights reserved. · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie