7 Tips Memilih Makanan Sahur Yang Tepat di Bulan Puasa

Tips Memilih Makanan Sahur Tips Memilih Makanan Sahur – Setiap bulan puasa atau bulan Ramadhan, masyakarat muslim akan disibukkan untuk mempersiapkan makanan sahur dan berbuka puasa setiap harinya. Khusus untuk sahur, sangatlah penting memilih menu makanan yang akan disajikan. Karena makanan sahur inilah yang nantinya menjadi “bekal” untuk puasa kita sampai jam berbuka.

Dan berikut ini akan saya berikan tips memilih makanan sahur yang tepat, agar Anda bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar dan menjaga tubuh Anda tetap sehat selama berpuasa.

7 Tips Memilih Makanan Sahur Yang Tepat di Bulan Puasa

 

1.  Minumlah Air Putih yang Cukup

Awalilah sahur dengan meminum segelas air putih. Kita akan tidak makan dan minum selama lebih dari 12 jam. Maka dari minum air putih yang cukup di saat buka dan sahur menjadi hal yang wajib, agar tubuh kita tidak dehidrasi atau kekurangan cairan. Dan yang tidak kalah penting, agar Anda tidak merasa haus saat berpuasa. Jadi tetap ikuti anjuran minum air putih 8-10 gelas perhari.

2.  Pilihlah Makanan Berkarbohidrat Kompleks untuk Menu Utama

Memilih makanan berkarbohidrat kompleks untuk sahur seperti nasi merah, roti gandum, gandum utuh, biji-bijian, serta buah dan sayuran bisa menjadi pilihan menu utama Anda. Makanan-makanan ini mampu membuat perut Anda merasa kenyang lebih lama. Hal ini karena karbohidrat kompleks dicerna lebih lama jadi mampu menghasilkan cadangan energi lebih lama dan memperlambat sistem pencernaan Anda.

Di sisi lain, karbohidrat kompleks juga dapat membantu tubuh menyerap air lebih efisien sehingga mencegah Anda dari dehidrasi.

3.  Pilihlah Makanan Berserat dan Kaya Protein

Mengkonsumsi serat dan makanan kaya protein sangat dianjurkan selama bulan Ramadhan. Serat di dalam makanan mampu mencegah level gula yang naik turun yang menyebabkan timbulnya rasa lapar. Selain itu, makanan yang kaya serat juga map merangsang hormon penyebab rasa kenyang di otak.

Protein akan memberikan Anda gizi dan vitamin yang cukup. Baik dari ikan, daging atau protein nabati. Di samping itu, makanan berprotein juga mampu memperpanjang rasa kenyang Anda lebih dari lemak dan karbohidrat.

4.  Hindari Makanan Berminyak atau Gorengan

Saat sahur, hindari mengkonsumsi makanan yang berminyak atau gorengan. Karena makanan-makanan ini akan berat dicerna oleh tubuh. Selain itu, makanan berminyak akan membuat tenggorokan kita kering dan menyebabkan Anda cepat merasa dehidrasi.

5.  Sebisa Mungkin untuk Tidak Menghangatkan Makanan Sisa Berbuka Puasa

Seberapa sering Anda menghangatkan makanan sisa buka puasa untuk menu makanan sahur?. Jika pernah atau bahkan sering, usahakan menguranginya. Karena makanan yang sudah dihangatkan atau melalui proses pemasakan berkali-kali akan mengurangi kandungan vitamin dan gizi pada makanan tersebut. Padahal pada saat puasa, tubuh kita sangat membutuhkan nutrisi dari makanan pada saat sahur. Jadi usahakan untuk memakan makanan yang segar atau baru dimasak saat sahur, agar kandungan gizi dan nutrisinya dapat kita peroleh seutuhnya.

6.  Usahakan untuk Menghindari Makan Makanan yang Manis-manis

Saat sahur, kita dianjurkan untuk menghindari makanan yang manis-manis. Karena makanan yang manis, hanya cocok untuk berbuka puasa yang berguna mengembalikan energi kita. Sedangkan untuk sahur, makanan manis membuat Anda merasa cepat haus dan lapar. Sebagai gantinya, Anda bisa memakan buah-buahan segar yang kaya vitamin untuk tubuh Anda.

7.  Terakhir, Hindari Makan Makanan Terlalu Banyak dan Berlebihan

Segala hal yang berlebihan itu tidak baik. Dan itupun berlaku juga saat Anda makan sahur. Makan berlebihan saat sahur bukannya membuat Anda kenyang dan tahan lapar selama puasa, malah akan berdampak buruk bagi tubuh Anda. Jadi makanlah secukupnya. Dan yang terpenting adalah kualitas dari makanan yang Anda makan, bukan jumlahnya.

Demikian 7 Tips Memilih Makanan Sahur Yang Tepat di Bulan Puasa di atas, semoga bisa membantu dalam memilih dan mempersiapkan menu sahur yang sehat dan tepat bagi Anda. Agar puasa Anda tetap lancar dan kondisi badan tetap sehat selama bulan Puasa.

 

Leave a Reply

© 2017 irvanyale.com. All rights reserved. · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie